RANGKUMAN MATERI IPA KELAS IV a

BAB I
Fungsi Alat Tubuh Manusia
1. Secara umum rangka manusia dibagi menjadi 3 bagian, yaitu
a. rangka kepala (tengkorak); berfungsi untuk melindungi organ penting yang ada di bagian kepala, antara lain otak.
b. rangka badan;
– Tulang leher; berfungsi untuk menopang kepala dan melindungi tenggorokan (bernapas), kerong kongan (makanan) dan pita suara (penghasil suara).
– Tulang dada dan tulang rusuk; berfungsi untuk melindungi organ-organ yang ada di bagian dada, seperti jantung (pemompa darah) dan paru-paru (bernapas).
– Tulang punggung; berfungsi untuk melindungi sumsum tulang belakang (mengandung sel-sel saraf). dan berfungsi sebagai penopang anggota tubuh bagian atas.
– Tulang panggul berfungsi sebagai penyambung antara tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah dan sebagai penyangga organ dalam bagian perut (usus halus dan usus besar).
c. rangka anggota gerak;
– Tulang lengan terdiri atas tulang pangkal lengan, tulang pengumpil, tulang hasta, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang jari-jari tangan.
– Tulang tungkai terdiri atas tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang-tulang telapak kaki, dan tulang jari-jari kaki.
2. Fungsi rangka sangat penting dalam tubuh kita, yaitu:
a. memberikan bentuk pada tubuh.
b. melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak (jantung, paru-paru, ginjal, hati, dll).
c. menjaga tubuh agar tetap tegak.
d. tempat menempelnya otot.
3. Berdasarkan bentuknya, tulang rangka dibagi menjadi 3 macam, yaitu;
a. tulang pipa; memiliki bentuk utama seperti tabung dan berongga (tulang lengan dan kaki). Rongga pada tulang pipa berisi sumsum kuning. Sumsum kuning ini banyak mengandung lemak (cadangan makanan). Pada ujung-ujung tulang pipa yang mengembung, di dalamnya terdapat rongga-rongga kecil yang berisi sumsum merah (pembentuk sel-sel darah). Contohnya;
b. tulang pendek; memiliki ukuran tulang yang pendek (tulang belakang tulang pergelangan tangan, dan tulang pergelangan kaki). Di dalamnya hanya terdapat rongga-rongga kecil berisi sumsum merah (pembentuk sel-sel darah).
c. tulang pipih; berbentuk pipih (tulang rusuk, tulang dada, dan tulang tengkorak kepala)dan berfungsi sebagai tempat pembentukan sel-sel darah.
4. Kelainan pada tulang;
a. Lordosis; yaitu tulang belakang bengkok ke belakang. Kelainan ini menyebabkan seseorang menjadi bungkuk.
b. Kifosis; yaitu tulang belakang bengkok ke depan. Kelainan ini menyebabkan dada menjadi terlalu membusung.
c. Skoliosis; tulang belakang bengkok ke samping. Kelainan ini menyebabkan badan menjadi condong ke kiri atau ke kanan.
d. Osteoporosis; rapuh pada tulang yang disebabkan kekurangan kalsium
5. Alat indra dalam tubuh manusia terdiri atas;
a. mata (indra penglihatan);
– bagian putih disebut sklera. Sklera merupakan jaringan ikat yang kuat, namun elastis. Sklera berfungsi untuk melindungi bola mata.
– bagian mata yang berwarna disebut iris. Orang Indonesia umumnya memiliki iris yang berwarna cokelat.
– bagian tengah terdapat bulatan berwarna hitam yang dinamakan pupil. Pupil merupakan pintu masuk cahaya. Pupil akan mengecil jika berada di tempat terang dan membesar jika berada di tempat gelap.
– bagian depan iris dan pupil terdapat kornea. Kornea merupakan bagian yang bening dan transparan. Kornea berfungsi untuk memfokuskan dan mengatur cahaya yang masuk.
– Lensa mata berfungsi untuk membentuk bayangan benda yang dilihat.
– Retina berfungsi sebagai layar penangkap bayangan benda yang dilihat.
– Saraf mata berfungsi untuk meneruskan rangsangan ke otak.
– Otot mata berfungsi untuk menggerakkan bola mata.
Gangguan pada mata, antara lain; rabun senja (rabun ayam), rabun dekat (hipermetropi), rabun jauh (miopi), mata tua (presbiopi), katarak, dan juling.
b. Telinga (indra pendengar) dibagi menjadi tiga bagian;
– Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga (membantu memusatkan suara yang masuk ke lubang telinga) dan lubang telinga (menyalurkan suara ke selaput gendang telinga).
– Telinga bagian tengah; terdiri atas selaput gendang telinga (menangkap suara dari lubang telinga) dan tulang-tulang pendengaran (meneruskan getaran suara). Getaran suara tersebut berasal dari selaput gendang menuju telinga bagian dalam. Selain itu, pada telinga bagian tengah terdapat saluran yang menghubungkan telinga dengan pangkal tenggorokan (Eustashius), berfungsi mengatur tekanan udara di dalam dan di luar telinga tetap seimbang.
– Telinga bagian dalam; terdiri atas rumah siput (memiliki sel saraf sebagai penerima getaran suara dari tulang pendengaran) dan alat keseimbangan.. Getaran suara yang diterima dikirimkan oleh sel saraf ke otak.
Gangguan-gangguan pada telinga; Tuli disebabkan oleh kotoran yang menyumbat saluran telinga Atau disebabkan oleh kerusakan pada bagian dalam telinga.
c. hidung (indra pemcium); di bagi menjadi dua bagian yang sama oleh dinding penyekat. Di bagian bawah dibagi oleh penyekat dari tulang rawan. Rongga hidung ditumbuhi rambut yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke hidung.
d. lidah (indra pengecap); permukaan lidah yang kasar itu terdapat saraf pengecap rasa. Lidah dapat merasakan empat macam rasa, yaitu asam (belakang samping kanan dan kiri), manis (ujung depan), pahit (belakang), dan asin (ujung samping kanan dan kiri).
e. kulit; berfungsi sebagai alat indra peraba

 

e_one created

Tentang sdn1jambi

SD Negeri 1/IV Jambi adalah sebuah Sekolah Dasar dengan status Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s